Ciri-ciri Burung Kacer Tretes Dan Keunggulannya

Pastinya anda mengetahui bahwa ada banyak sekali jenis burung di dunia. Untuk satu spesies saja terdapat banyak jenisnya, misalnya kacer. Mungkin anda pernah mendengar dan mengenal burung ini, namun apakah tahu jenis Kacer Tretes?

Bagi yang belum tahu, ada baiknya menyimak ulasan yang akan kami berikan pada kesempatan ini. Selain ciri-cirinya, kami juga membahas apa saja keunggulannya dibandingkan jenis kacer lain pada umumnya.

Informasi burung kacer ini kami ambil dari berbagai sumber terpercaya. Bagi anda pecinta burung atau yang hobi memelihara burung, mendapatkan tambahan ilmu pastinya sangat penting. Namun yang paling penting adalah pengalaman pribadi yang didapatkan.

Ciri-ciri Kacer Tretes

Kacer Tretes merupakan salah satu jenis burung yang sering dilombakan karena memiliki suara merdu dan nyaring. Burung ini juga memiliki mental pemberani sehingga sering menjuarai perlombaan. Lalu apa perbedaan dengan kacer jenis lain? Berikut ciri-cirinya!

Warna Kacer Tretes

Meskipun sekilas tidak terlalu berbeda dengan jenis lain, namun bisa anda perhatikan bahwa sebenarnya ada perbedaan. Warna burung ini tidak lain adalah hitam pekat, tetapi ada sedikit corak putih yang menghiasi.

Di bagian ekor, warna putihnya lebih dominan dibandingkan tubuhnya. Sedangkan di bagian bulu dadanya ada bintik putih yang samar. Untuk bagian kepalanya hampir semuanya hitam, begitu juga dengan paruh lancip nya.

Ukuran

Perbedaan dengan kacer jenis lain juga dapat dilihat dari ukurannya. Bisa dikatakan tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil, karena ukuran Kacer Tretes biasanya tidak lebih dari 20 cm. Posturnya gagah, untuk jantan sedikit ramping daripada betina.

Baca Juga :   5 Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Suara Kacer Tretes

Memang tidak dapat dibandingkan dengan Kacer Poci dalam hal suaranya. Namun Kacer Tretes juga cukup merdu dan memiliki kicauan yang bervariasi. Ada perbedaan antara jantan dan betina dalam hal suara, jantan lebih nyaring dan kuat daripada betina.

Kelebihan Burung Kacer Tretes

Kacer Tretes termasuk salah satu burung petarung yang sangat baik. Sebagian orang menganggapnya susah dikendalikan atau dijinakkan. Padahal tidak demikian, burung ini cukup mudah dijinakkan karena kemampuan adaptasi nya yang sangat baik.

Bahkan salah satu kelebihannya yakni mudah sekali membuatnya gacor. Tentunya jika anda bisa merawat dan menjaganya dengan baik. Perawatan ini pada umumnya meliputi makanan, penjemuran, dan pembersihan kandang.

Selain adaptasi yang baik dan mudah membuatnya gacor, kelebihan lain burung ini yaitu daya tahannya yang kuat. Anda tidak perlu bingung ketika merawatnya, karena jarang sekali ditemui dalam kondisi sakit jika anda merawatnya dengan baik.

Demikian ulasan singkat dari kami mengenai ciri Kacer Tretes dan kelebihannya. Sebagian orang menganggap bahwa memelihara burung bisa mendatangkan keuntungan. Tidak salah memang, namun sebelumnya anda harus mengetahui informasi detail mengenai burung yang dimaksud.

Related posts